Aman dan Nyaman di Jakarta Fair - Kemayoran

Jakarta - Hariankawasan.com - Jakarta Fair Kemayoran 2023 digelar selama 33 hari sejak 14 Juni hingga 16 Juli mendatang. Pameran multiproduk terbesar, terlama, dan terlengkap ini menjadi salah satu event yang sangat dinantikan sebagian besar masyarakat.

Bagaimana tidak, Jakarta Fair merupakan event akbar yang menjadi destinasi favorit berlibur warga Jakarta dan sekitarnya. Tak hanya wilayah Jabodetabek saja, bahkan warga dari luar Jawa turut berbondong-bondong datang ke Jakarta Fair yang berlangsung di arena Jakarta International Expo (JIEXPO) tersebut.

Pengunjung maupun calon pengunjung tak perlu merasa ragu untuk datang ke Jakarta Fair. Pasalnya, pihak JIEXPO selaku penyelenggara telah mempersiapkan secara matang terkait sisi keamanan, kebersihan, hingga kenyamanan para pengunjung.

Di sisi keamanan, pihak Jakarta Fair telah menerjunkan ribuan petugas gabungan dari unsur internal JIEXPO, TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), hingga keamanan dari Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) yang tersebar di berbagai titik. 

Para petugas ini kemudian menempati beberapa titik, mulai dari gate atau pintu masuk pameran hingga di setiap Hall. Begitu pun di ring 1 maupun 2, di mana ada petugas TNI dan Polri yang berjaga. Sedangkan di ring 3, ada tim gabungan yakni dari Satpol PP, Dishub, maupun PPKK.

Pihak penyelenggara juga menempatkan ratusan petugas kebersihan yang diterjunkan di semua sudut area pameran. Hal tersebut guna menjaga kebersihan di setiap area tetap terjaga. Selain itu, pihak Jakarta Fair turut menambah beragam fasilitas maupun layanan guna menambah kenyamanan para pengunjung. Berikut adalah fasilitas sarana dan prasarana di Jakarta Fair.

• Mushalla
Jakarta Fair menyediakan berbagai Mushalla yang terletak di berbagai Hall, Gedung Pusat Niaga, Gambir Expo, hingga tambahan Mushalla di dekat loket I. 

• Nursery Room
Nursery Room diperuntukkan bagi pengunjung ibu dan anak. Fasilitas ini sangat berguna bagi Ibu untuk melakukan aktivitas menyusui dan mengganti popok anak yang terletak di Hall A1, B2, dan D2.

• Pos Kesehatan (P3K)
Bagi pengunjung yang mengalami gangguan kesehatan hingga kecelakaan ringan, bisa langsung mengunjungi pos kesehatan yang terletak di selasar Hall A3, Gambir Expo Blok D, dan sisi panggung utama.

• Layanan Pusat Informasi
Bagi pengunjung yang membutuhkan informasi atau pengaduan, dapat mendatangi booth informasi yang tersebar di lima titik. Mulai dari Gedung Pusat Niaga (GPN), Hall A, Hall B, Hall D, dan Gambir Expo.

• Toilet
Pengunjung Jakarta Fair dijamin tak akan kesulitan menemukan fasilitas toilet. Pasalnya, pihak penyelenggara menyiapkan toilet di setiap Hall dan juga toilet portabel yang terletak di berbagai titik seperti area pasar malam festival dan juga area konser panggung musik konser.

• Parkir
Antusiasme tinggi dari masyarakat yang mengunjungi Jakarta Fair acap kali membuat antrian di dekat area masuk Jakarta Fair, namun Anda tidak perlu khawatir pasalnya pihak JIEXPO juga telah berkoordinasi dengan pihak PPKK untuk menyiapkan kantung parkir tambahan di dekat area JIEXPO. Untuk kapasitas parkir di dalam area Jakarta Fair sendiri dapat menampung sekitar 8000 unit mobil dan 20.000 unit motor dengan turn over rotasi yang mencapai 2 hingga 3 kali per harinya.

• Transjakarta 
Bagi Anda yang ingin mengunjungi Jakarta Fair dengan menggunakan moda transportasi umum dapat juga menggunakan jasa transportasi Transjakarta. Dengan tambahan empat rute khusus yang menuju langsung ke area Jakarta Fair yakni : 
 Rute PRJ 1: PGC – JIEXPO
 Rute PRJ 2: Matraman Baru – JIEXPO
 Rute PRJ 3: Pulo Gadung – JIEXPO
 Rute 2 C   : Balaikota – JIEXPO


Lebih baru Lebih lama